Search This Blog

Loading...

Sunday, September 27, 2009

AMRIS (American Risoles)

Waktu lebaran lalu, teman SD-ku si Vera datang ke rumah sama suami dan anaknya yang gembul banget. Sambil ngobrol-ngobrol, ehh..tercetuslah rencana buat ngumpulin temen-temen SD dulu dalam waktu dekat. Setelah telfon sana-sini, rencana-nya direalisasikan hari ini. Gak serius amat koq, cuma ngobrol-ngobrol aja di rumahku. Acara yang semula judulnya "ngerumpi bareng" buat cewek-cewek aja, akhirnya ajak juga yang cowoknya. Maklum, SD ku dulu di daerah banget, sekelas paling 21 orang (menurut si Fachry, sang ketua kelas..hehehe) lha, kalo ceweknya doang dikit banget, apalagi yang bisa datang cuma 4, sepiii dooong....akhirnya, di ajak juga cowok-cowoknya.

Karena kemarin aku ikutan reuni SMA juga (aku SMA nya cuma 1 tahun sebelum pindah ke Amrik, jadinya selama reuni, banyak bengongnya, pada lupa..hihihihi) ketemu juga sama si Fachry. Ya udah, pada janjian deh, cukup via telfon. Alhamdulillah, walaupun baru ditelpon, banyak yang bisa. Ada Fachry, Roni, Iyan gowok sama Dewi, istrinya yang dari SD juga (hebat ya!) trus ada Mik, Jali, Vera dan Anti. Aku sempat kecewa juga, si Ita teman dekatku dari SD sampe SMP gak nongol, padahal semula udah mau datang, gak tau kenapa hp-nya juga mati. Duuuhh...kalo sudah gede begini emang susah ya mau seperti dulu lagi. Ya udahlah, karena rame, aku tadi senang aja. Ketawa-ketawa dan ngobrol seru. Banyak cerita lucu waktu kecil dulu, mulai dari anak cowok yang suka ngintip rok, ada biawak masuk ke ruang kelas di madrasah (aku dulu pagi SD dan sore masuk madrasah, jadi ada 2 ijazah sekolah dasar, semua kita begitu...makanya deket banget, seharian sama-sama terus...hehehe), demam google V, sampe aku yang nangis kencang banget dan malah bikin ciut para guru...whoa ha ha ha.... aiih, pengen deh balik lagi ke masa-masa itu.

Persiapannya lumayan kebat kebit juga lho, pulang dari reuni kemarin, aku kecape'an dan cuma sanggup bikin risol doang. Setelah dipanir, masukkin kulkas trus aku tinggal tidur. Si Mas yag telfonpun aku gak tau ngomong apaan saking ngantuknya. Pagi-pagi, aku kaget baca bbm dari kak Ika ngasih tau kalo bang Ipul (masih keluarga Ibu-ku) meninggal dunia. Trus kedengaran suara Papaku gedor-gedor pintu nyuruh siap-siap buat takziah kesana pagi. Langsung deh aku mandi dan siap-siap. Sambil nunggu kak Ika siap, aku sempatin bikin crust cheesecake. Tapi cuma crustnya doang, trus kita berangkat. Duuh, sedih deh, beberapa hari lalu, aku ketemu sama bang Ipul itu waktu kerumah Makwo (nenekku dari ibu) yang sekarang jadi rumah om Icot (adik ibuku yang bungsu). Bang Ipul datang nyamperin kita, trus cerita-cerita sambil ketawa-ketawa. Dulu, tiap lebaran, kalo kumpul om Icot, bang Ipul, alm. bang Iril ditambah dengan alm. bang Sadatku, bang baraq dan sepupuku acak, waaahhh...mereka bisa ketawa-ketawa sampe malam, kadang yang dengar sampe sakit perut. Alfatihah ya buat bang Ipul...

Abis takziah, Papa, Riri dan kak Ika langsung lanjut ke acara aqiqah cucunya Pakcik Supadi. Kebetulan lewat depan rumah, aku turun sama si Dea, buat nyiapin makanan teman-teman. Buat makan siang reuninya, pagi tadi sebelum ke rumah bang Ipul, kak Ika telpon Bicik, yang selalu bikin tekwan dan sate kalo lebaran dirumah, mesen ayam bakar dan lalapan Alhamdulillah, walaupun mendadak si Bicik bisa bikin. Malah dibikinin sayur asem, ikan asin dan tempe mendoan segala...komplitlah. Jadinya aku gak ribet lagi. Nyampe rumah rencananya mau nerusin bikin cheesecake, gak jadi. Khawatir temen-temen keburu datang. Jadinya aku potong-potong melted brownies buatan kak Ika dan goreng risol aja.

Tadi malam aku bikin kulit risolnya pake wajan biasa aja. Gak pake wajan kwalik. Sejak ikutan latbar bikin Tarcis dan Amris dirumah mom Elly, aku lebih suka pake wajan, karena lebih rapi dan gak ribet. Selama ini gak mau pake wajan karena gak ngerti caranya. Sekarang sih, udah ahli...*cieee*....hehehe apalagi dirumah Jambi sekarang ada pantrynya. Aku bikin kulitnya di ruang makan aja, bermodalkan kompor portable. Setelah kulitnya jadi, ngelipatnya dimeja makan, sambil ngobrol sama Papa yang lagi buka puasa syawal dan bang Iqbal. Biasanya kalo bikin kulit risol heboh banget, pasti adonan terakhir ada yang dibuang karena keburu matang dan lengket di wajan kwaliknya. Kali ini, semua adonan habis, dan pantrynya tetap bersih.

Buat isiannya, aku ikut saran mba' Peni Respati waktu latbar, sebaiknya smoke beef-nya dipotong kotak kecil-kecil supaya tiap gigitan selalu dapat smoke beefnya. Kalau dipotong memanjang, di gigitan pertama, smoke beefnya suka ketarik, kan rada alot. Untuk keju-nya aku parut, trus mayones-nya aku masukin plastik segi tiga supaya bisa disemprotkan dengan rata. Kalo pake sendok, suka numpuk di satu tempat aja. Cara lain mungkin bisa pake botol plastik wadah kecap gitu kali ya, supaya mayonesnya bisa diisi ulang... semalam mau foto waktu melipat risol, males ke kamar ambil kamera, lha pagi ini mau foto yang udah jadi, kamera udah diambil malah batrenya wis ntek... sudah gone duluan..adaaaaaa aja...hehehee... akhirnya semuanya difoto-foto pake blackberry aja... lumayanlah dari pada gak ada...

Rasanya kalo menurut teman-temanku enak lho *kepala gede*. Walaupun, aku gorengnya gak sama, ada yang ke kuningan, ada yang ke coklatan...hehehe,...masih belum bisa goreng yang seragam. Yang aku suka dari risol, ya itu, hampir semua orang suka, dan bisa diisi beraneka ragam. Bisa pake filling yang sangat Indonesia, atau kebule-bule-an kayak amris ini. Walaupun aku yakin di Amerika gak ada risol, rasanya jadi kayak makan sandwich gitu...hehehe. O ya, buat resepnya aku pake resep Amris bu Fat-nya NCC. Kulit risol ini selalu jadi andalanku. Abisnya lentur banget, gak mudah sobek. Yang penting, susu cair jangan di ganti air....

Nah, cerita risolnya segitu dulu. Mau lanjut bikin cheesecake nih *kalo jadi*. Abisnya sayang banget crust-nya....hiiiiksss...

Ini resepnya yaaa...


AMERICAN RISOLES (AMRIS)
By. Fatmah Bahalwan

Bahan kulit:
100 gr tepung terigu
1 sdt garam
3 btr telur
250 ml susu cair
1 sdm mentega, lelehkan
margarine untuk olesan

Cara membuat:

  1. Ayak terigu, taruh dalam mangkuk bersama garam. Buat lubang ditengah, pecahkan telur di dalamnya, aduk satu arah.
  2. Tambahkan susu sedikit demi sedikit, hingga adonan menjadi licin dan halus.
  3. Tambahkan susu hingga habis, masukkan mentega leleh.
  4. Tutup adonan dengan plastik, diamkan 30 menit.
  5. Olesi wajan dadar diameter 12 cm dengan margarine, panaskan.
  6. Tuangi 1 sendok adonan, ratakan sambil diputar, 2-3 menit, angkat.

Bahan isi :

4 lbr Smoked beef, potong kecil 1 x 3 cm (aku potong kotak-kotak kecil aja lk. 1 x 1 cm)
100 gr keju cheddar parut
4 btr telur rebus, potong kecil
1 butir telur, kocok lepas.
250 gr tepung panir (aku suka pake tepung yang kasar, lebih crispy)
½ kg minyak goreng

(kalo aku tambah lk. 70-100gr mayones)


Penyelesaian :

  1. Bentangkan kulit, isi dengan potongan smoked beef, potongan telur rebus, sedikit keju parut, (lalu beri mayones) lipat spt amplop. Sisihkan. Lakukan hingga kulit habis.
  2. Celupkan risoles isi kedalam telur kocok, lalu gulingkan dalam tepung panir.
  3. Simpan dalam lemari pendingin kira-kira 1 jam.
  4. Goreng hingga kuning kecoklatan
  5. Sajikan dengan saus pedas, atau cabe rawit.

6 comments:

Riri said...

Camelia dear...satu resep amris ini jadi berapa banyak yah? thanks in advance...

Camelia said...

hello mba',
Kalo pake wajan 18cm, aku bisa dapat 25-an pcs amris mba'...

Nurhasanah said...

Coba deh ganti bread crumbsnya dengan yang butiran kuning, saya pake merk Swiss bear (bukan salesnya lho..). Risoles jadi cantik dan renyah , di C4 ada kok. Agak mahal tapi isinya juga banyak, jadi tetap ekonomis.

Btw,resep lapis legit ala Bibi Jun yang Lia posting saya pakai ya buat coba bikin. Thanks ya...

Camelia said...

Makasih mba' Nur, nanti aku coba cari bread crumbs yang di maksud. Rasanya pernah lihat. Pasti lebih cantik ya. Silahkan di coba resep lapis legitnya mba'. Good luck ya...

Qiu said...

mbak.. kalo kulitnya diganti pake kulit lumpia instan bisa gk ?? hehe....

Camelia said...

hello mba...
kulit risol tentu beda dengan kulit lumpia. kulit risol lembut dan lentur sementars kulit lumpia tipis dan renyah.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...